RSS

Sumpah Pemuda dan Virus Polio

28 Oct

Sumpah PemudaHari ini tepat 28 Oktober 2014, bangsa Indonesia memperingati Sumpah Pemuda yang merupakan salah satu tonggak SEJARAH kemerdekaan bangsa ini. Dulu waktu aku masih sekolah, setiap tanggal ini hingar bingar lagu perjuangan kerap di dengarkan. Aku masih ingat bahkan media cetak lokal juga dengan semangatnya memberitakan tentang peringatan hari Sumpah Pemuda di seluruh Indonesia. Dan sebagai remaja dulu aku sangat bangga kalau mengingat bahwa para pemuda-pemuda zaman dulu turut memberikan sumbangsih untuk Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sepertinya sekarang sudah jauh berbeda, di headline media penuh dengan berita-berita tentang Kabinet yang baru saja terbentuk (memang euforianya sedang berlangsung), tetapi apakah harus melupakan betapa pentingnya Sumpah Pemuda bagi bangsa ini ?. Di timeline Facebook dan beberapa social media juga sepertinya dingin-dingin saja (sama seperti dinginnya hujan di kotaku saat ini), masih dengan pertanyaan yang sama apakah harus melupakan betapa pentingnya Sumpah Pemuda bagi bangsa ini ? Satu-satunya media sosial yang sepertinya masih “mengingat” Sumpah Pemuda adalah twitter, dan menjadikan #SumpahPemuda sebagai trending topic untuk saat ini.

Trending Topic Twitter 28 Oktober 2014

Trending Topic Twitter 28 Oktober 2014

Dan aku baru sadar bahwa memang dalam sejarahnya bangsa ini sering melupakan sejarahnya sendiri, padahal sering disebutkan bahwa sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa akan sejarahnya #menolaklupa. Dan meskipun begitu, aku mengucapkan “Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke 86, tanggal 28 Oktober 2014”. Jayalah Pemuda Indonesia.

Oh iya, selain hari Sumpah Pemuda, hari ini juga kita memperingati hari lahir Jonas Salk seorang ilmuwan (peneliti medis dan virolog) yang berjasa besar bagi umat manusia, yang pertama kali menemukan vaksin Polio yang aman dan efektif, yang merupakan salah satu momok penyakit yang menakutkan dan bisa mengakibatkan kelumpuhan. Dan Google pun tidak ketinggalan dengan menampilkan Google Doodle tema Jonas Salk untuk mengenang jasa-jasanya bagi dunia kesehatan di seluruh dunia. Sungguh ironis dengan bangsaku sendiri, sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa akan sejarahnya #menolaklupa.

Google Doodle Jonas Salk

Google Doodle Jonas Salk

Terimakasih kepada Jonas Salk atas jasa-jasanya sehingga sampai hari ini semakin banyak anak-anak yang terbebas dari virus Polio, bahkan pengadaan vaksinnya sendiri telah mencapai hampir 500 juta anak di seluruh dunia (sumber United Nations Information Centre)

TZ

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on October 28, 2014 in Cerita, info, Umum

 

Tags: , , ,

Silahkan tinggalkan jejak anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: